Rabu, 28 November 2007

Penyemangat berbuat baik (kumpulan hadis shahih)

Sesungguhnya pintu-pintu pahala banyak sekali. Amal kebajikan begitu luhur, mulia, dan agung. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda dalam meriwayatkan firman Robbnya Azza Wa jalla :


إن الله كتب الحسنات والسيئات ثم بين ذلك فمن همّ بحسنة فلم يعملها كتبها الله له عنده حسنة كاملة رواه البخاري 6010 ومسلم 187.


Sesungguhnya Allah telah menetapkan kebaikan dan keburukan, kemudian menerangkan hal itu, maka barang siapa berkehendak melakukan suatu kebaikan kemudian tidak melakukannya Allah mencatatnya baginya di sisiNya kebaikan secara sempurna ..


Barang siapa yang menunjukkan suatu kebaikan dan mengarahkan kepadanya baginya pahala yang besar, Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


منْ دعاَ إلى هُدَى كَانَ له من الأجرِ مثلُ أُجورِ منْ تَبِعَهُ لا ينْقُصُ ذَلِكَ منْ أُجْورِهمْ شَيْئاً ومنْ دعاَ إِلىَ ضَلاَلةِ كاَن عليهِ من الإثمِ مثْلُ آثامِ مَنْ تبعَهُ لاَ ينْقُصُ ذَلِكَ من آثامهم شَيئاً رواه مسلم 4831.


Dari Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ Barangsiapa menyeru kepada hidayah (petunjuk) maka ia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengerjakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa menyeru kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa sebagaimana dosa yang mengerjakannya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun” .



diantara pintu-pintu kebaikan adalah yang disebutkan berikut ini :



1-Wudhu dan shalat dua roka’at setelahnya :


قال صلى الله عليه وسلم : من توضأ نحو وضوئي هذا ثم صلى ركعتين لم يحدث فيهما نفسه غفر الله له ما تقدم من ذنبه [ البخاري 159 مسلم 331]


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : barang siapa berwudhu seperti wudhu saya ini kemudian shalat dua rokaat, dan ia tidak melamun dalam shalatnya, pastilah Allah mengampuni dosanya yang telah lalu dari .



2- Memelihara shalat sunnah rowatib dua belas roka’at :


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


من ثابر على ثنتي عشرة ركعة في اليوم والليلة دخل الجنة، أربعاً قبل الظهر، وركعتين بعدها، وركعتين بعد المغرب، وركعتين بعد العشاء، وركعتين قبل الفجر [صحيح الترغيب 580، وصحاح السنن الترمذي 338، والنسائي 1693 وابن ماجه 935 للألباني ]


Barang siapa yang rutin melakukan dua belas roka’at pada siang dan malam hari masuklah dia ke surga: empat roka’at sebelum dzuhur, dua roka’at setelahnya, dua roka’at setelah maghrib, dua roka’at setelah ‘Isya’ dua roka’at sebelum subuh



3- Berjalan ke shalat jama’ah.


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من مشى إلى صلاة مكتوبة في الجماعة فهي كحجة، ومن مشى إلى صلاة تطوع فهي كعمرة [صحيح الجامع 6556]


Barang siapa berjalan ke shalat wajib berjamaah maka ia seperti mengerjakan haji, dan barang siapa berjalan menuju shalat sunnah maka seperti melakukan umroh.



4- Shalat subuh.


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من صلى الصبح فهو في ذمّة الله، فلا يطلبنكم الله في ذمته بشيء، فإنه من يطلبه في ذمته بشيء يدركه، ثم يكبه على وجهه نار جهنم [صحيح الجامع 2890]


Barang siapa shalat subuh dia berada dalam jaminan Allah, maka janganlah kalian dituntut oleh Allah dengan sesuatu dalam jaminanNya, karena sesungguhnya orang yang dituntut oleh Allah dalam jaminanNya pasti ditangkapNya kemudian Allah sungkurkan wajahnya ke dalam api neraka .


Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من توضأ فأسبغ الوضوء، ثم مشى إلى الصلاة المكتوبة فصلاها مع الناس غفر الله له ذنوبه [ابن خزيمة صحيح الجامع 6173]


Barang siapa berwudhu untuk shalat, dia sempurnakan wudhunya, kemudian berjalan ke shalat wajib dan dia lakukan bersama jamaah, Allah mengampuni dosa-dosanya.



6-menjaga dalam mendapatkan takbirotul ihrom imam yang pertama.


من صلّى لله أربعين يوماً في جماعة يدرك التكبيرة الأولى كتب له براءتان براءة من النار وبراءة من النفاق [ الصحيحة 1979]


Barang siapa shalat empat puluh hari di dalam jama’ah mendapatkan takbir pertama, ditulis baginya dua kebebasan, kebebasan dari neraka dan kebebasan dari kemunafikan.



7- menshalati janazah dan mengantarkan ke kuburan.


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من أتبع جنازة مسلم إيماناً واحتساباً وكان معه حتى يصلي عليها ويفرغ من دفنها فإنه يرجع من الأجر بقيراطين كل قيراط مثل أحد ومن صلّى عليها ثم رجع قبل أن تدفن فإنه يرجع بقيراط[ صحيح الترغيب 3498]


Barang siapa mengikuti jenazah seorang muslim dengan iman dan mengharapkan pahala Allah , dan bersamanya sehingga menshalatinya hingga selesai dari penguburannya maka dia pulang dengan pahala dua qiroth setiap satu qiroth seperti gunung Uhud, dan barang siapa menshalatinya kemudian pulang sebelum dikebumikan maka dia pulang dengan satu qiroth.



8- Haji Mabrur.


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :



من حج هذا البيت ، فل يرفث، ولم يفسق، رجع كما ولدته أمه [ صحيح النسائي 2464]


Barang siapa haji ke Rumah ini [Baitulloh] tidak berbuat rofats[sesuatu yang mengarah kepada sexsual] serta tidak berbuat fasiq dia pulang seperti dilahirkan ibunya[tanpa dosa]



9-Thowaf dan shalat dua roka’at setelahnya .


Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من طاف بالبيت [سبعاً]، وصلّى ركعتين، كان كعدل رقبة [ الصحيحة 2725].


Barang siapa yang thowaf di rumah Allah [Ka’bah] tujuh kali, serta shalat dua roka’at adalah seperti memerdekakan budak.



10- kesungguhan dalam memohon untuk mati sayhid.


من طلب الشهادة صادقاً أعطيها، ولو لم تصبه [ صحيح الترغيب 1277.


Barang siapa memohon mati syahid dengan kesungguhan ia diberikan syahadat walaupun tidak terbunuh.



11-memandikan mayit dan menutup aib yang dilihatnya.


Nabi bersabda :


من غسل ميتا فستره، ستره الله من الذنوب، ومن كفن مسلماً كساه الله من السندس[ الصحيحة 3353]


Barang siapa yang memandikan mayit serta menutupi aibnya, Allah menutupi dosa-dosanya, dan barang siapa yang mengkafani seorang muslim, Allah memberikannya pakaian sutra.



12-memintakan ampun buat kaum mu’minin.


Nabi bersabda :


من استغفر للمؤمنين والمؤمنات، كتب الله له بكل مؤمن ومؤمنة حسنة [ الصحيحة 6026]


Siapa yang memintakan ampunan bagi kaum mukmin laki dan wanita , Allah mencatat buatnya dengan setiap mukmin laki dan wanita satu kebaikan.



13- membaca AlQur’an


Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من قرأ حرفاً من كتاب الله فله به حسنة، والحسنة بعشر أمثالها لا أقول [ ألم ] حرف ولكن ألف حرف ولام حرف، وميم حرف [ الصحيحة 3227]


Siapa yang membaca satu huruf dari kitabulloh maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh lipat, saya tidak mengatakan alif laam miim satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.



14-tasbih.


Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من قال سبحان الله وبحمده في يوم مائة مرة، حطت عنه خطاياه وإن كانت مثل زبد البحر [صحيح الكلم الطيب 7]


Siapa yang mengatakan subhaanAllah wa bihamdihi satu hari seratus kali, dihapus dosa-dosanya walaupun seperti buih dilautan.


من قال سبحان الله العظيم وبحمده غرست له نخلة في الجنة [ الصحيحة 64]


Siapa yang mengucapkan subhaanAllahil ‘adzim wa bi hamdihi ditamkan baginya pohon kurma di surga.



15-sholawat kepada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam.


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من صلّى عليّ حين يصبح عشراً وحين يمسح عشراً أدركته شفاعتي يوم القيامة [ صحيح الجامع 6357]


Siapa yang bersholawat kepadaku sepuluh kali ketika pagi dan sepuluh kali ketika sore hari akan mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat.


من صلّى عليّ صلّى الله عليه عشراً [ صحيح الترمذي 402]


Siapa yang bersholawat kepadaku Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali .



16-membangun masjid .


nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من بنى لله مسجداً بنى الله له بيتاً في الجنة أوسع منه [ الصحيحة 3445]


Siapa yang membangun masjid untuk Allah, Aloh membangun baginya rumah disorga yang lebih luas darinya .



17-membaca tahlil :


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من قال في يوم مائة مرة لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كلّ شيء قدير، كان له عدل عشر رقاب، وكتبت له مائة حسنة ومحي عنه مائة سيئة وكان له حرزاً من الشيطان سائر يومه إلى الليل ولم يأت أحد بأفضل مما أتى به إلا من قال أكثر [ صحيح ابن ماجه 3064]


Siapa yang mengucapkan satu hari sebanyak seratus kali :


لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كلّ شيء قدير


Tidak ada Ilaah yang berhak disembah kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, baginya saja segala kerajaan dan bagiNya saja segala pujian dan Dia atas segala sesuatu berkuasa.


Adalah untuknya pahala sebanding memerdekakan sepuluh budak, ditulis untuknya seratus kebaikan dihapus seratus keburukan dan baginya benteng dari setan pada harinya itu sampai malam hari dan tidak ada seorangpun yang datang dengan kebaikan yang labih baik dari kebaikan yang ia datang dengannya kecuali orang yang mengucapkan lebih darinya.


من قال لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كلّ شيء قدير، عشراً، كان كمن أعتق رقبة من ولد إسماعيل [صحيح الجامع 4653]


Siapa yang mengucapkan:


لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كلّ شيء قدير


Tidak ada Ilaah yang berhak disembah kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya baginya saja segala kerajaan dan bagiNya saja segala pujian dan Dia atas segala sesuatu berkuasa.[sepuluh kali]


Adalah seperti memerdekakan budak dari anak Nabi Isma’il.



18- mengahafal sepuluh ayat dari surat Al Kahfi :


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من حفظ عشر آيات من أول سورة الكهف عصم من الدجال [ صحيح الجامع 2601]


Siapa yang yang hafal sepuluh ayat pertama dari surrat Kahfi terjaga dari dajjal.



19-Do’a ketiga melihat orang yang dicoba .


Nabi bersabda :


من رأى مبتلى فقال : الحمد لله الذي عافاني مما ابتلاك به وفضلني على كثير مما خلق تفضيلاً، لم يصبه ذلك البلاء [ الصحيحة 602]


Siapa yang melihat orang yang dicoba ia berkata : segala puji bagi Allah yang menyelamatkan saya dari apa yang kamu dicoba dengannya serta melebihkan saya kelebihan yang banyak atas kebanyakan yang Dia ciptakan, tidak akan terkena balak tersebut.


Catatan : hendaklah membacanya dengan pelan supaya tidak terdengar oleh orang yang dicoba agar tidak menyakitinya.



20-mencintai orang-orang Anshor.


Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


الأنصار لا يحبهم إلا مؤمن ولا يبغضهم إلا منافق، فمن أحبهم أحبه الله، ومن أبغضهم أبغضه الله [ الصحيحة 1975]


Orang-orang Anshor tidak mencintai mereka kecuali orang mukmin, tidak membenci mereka kecuali munafiq, maka barang siapa yang mencintai mereka Allah mencintainya, barang siapa yang membenci mereka Allah membenci mereka .



21- memberikan kelonggarn waktu orang yang kesulitan .


Nabi bersabda :


من أنظر معسراً أو وضع له أظله الله يوم القيامة تحت ظل عرشه يوم لا ظل إلا ظله [صحيح الترمذي 1052] .


Siapa yang memberikan kelonggaran waktu kepada orang yang kesulitan atau membebaskannya Allah memberikan naungan kepadanya pada hari kiamat di bawah anungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan kecuali naunganNya.



22- menutupi aib saudara muslim.


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


ومن ستر مسلماً ستره الله يوم القيامة [ البخاري 2262 مسلم 4677]


Siapa yang menutupi [aib] seorang muslim Allah menutup [aibnya] hari kiamat.



23-mendidik anak perempuan .


من كان له ثلاث بنات، فصبر عليهن، وأطعمهن وسقاهن، وكساهن من جدته، كن له حجاباً من النار يوم القيامة [ الصحيحة 294]


Siapa yang memiliki tiga anak, sabar dalam mendidik mereka, memberikan makan dan minum mereka dan pakaian mereka dengan hasil usahanya, adalah mereka pada hari kiamat sebagai dinding penghalang untuknya dari api neraka .



24- membela nama baik saudara muslim .


من ذب عن عرض أخيه بالغيبة كان حقاً على الله أن يعتقه من النار. [ صحيح الترغيب 284].


Siapa yang membela kehormatan saudaranya dalam kondisi tidak bertemu, adalah wajib bagi Allah untuk memerdekakannya dari api neraka.



25-menahan marah .


Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


من كظم غيظه وهو قادر على أن ينفذه، دعاه الله على رؤوس الخلائق يوم القيامة حتى يخيره من الحور العين ما شاء [ صحيح الترغيب 2753]


Siapa yang menahan marahnya sementara dia mampu untuk melampiaskan Allah akan memanggilnya di hadapan seluruh mahkluq pada hari kiamat sehingga di persilahkan memilih bidadari mana yang ia kehendaki.



26- tawadhu’


Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من تواضع لله رفعه الله [ الصحيحة 2328]


Siapa yang merendahkan diri karena Allah, Allah akan meninggikan derajatnya.



27-silaturrohim.


من أحب أن يبسط له في رزقه، وينسأ له في أثره فليصل رحمه [ البخاري 5527 مسلم 4629]


Siapa yang menhendaki untuk diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah menyambung persaudaraannya.



28- membunuh cecak dengan satu pukulan.


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


من قتل وزغاً في أول ضربة كتبت له مائة حسنة وفي الثانية دون ذلك وفي الثالثة دون ذلك [صحيح الترغيب 2978]


Siapa yang membunuh cecak dalam satu pukulan dicatat buatnya seratus kebaikan, dalam pukulan kedua kurang dari itu, dalam pukulan ketiga kurang dari itu.

Tidak ada komentar: